Selasa, 19 Juni 2018

Mini Reseach Pemasaran Kewirausahaan ( Kue Donat )


MINI RESEARCH
PEMAHAMAN MENGENAI PEMASARAN PRODUK DONUT

Dosen Pengampu :
Eka Evriza M.A

Disusun Oleh :
Efi Amrina Lubis

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
T.A 2017/2018



BAB I
ABSTRAK
            Mengenai PEMASARAN produk donut banyak yang harus dipertimbangkan mulai dari planing hingga pemasaran. Pemasaran suatu produk tidaklah mudah banyak hambatan dan rintangannya terutama bagi pemula. Tapi setelah itu semua dijalankan dari awal hingga akhir pasti mempunyai hasil baik rugi maupun untung. Hambatan-hambatan yang dihadapi ketika berwirausa menjadi pelajaran dan dilalui dengan semangat, ikhlas, bersungguh-sungguh agar lebih memaksimalkan hasil yang ingin diperoleh.

BAB II
LATAR DAN RUMUSAN MASALAH

A.    Latar Belakang

Mahasiswa adalah generasi yang menentukan masa depan suatu negara, idealisme adalah hal yang sangat mahal dan sangat penting dimiliki oleh seorang mahasiswa. Mahasiswa seharusnya memiliki semangat untuk memajukan negaranya  setidaknya dimulai dengan diri mereka sendiri. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh anak muda penerus bangsa. Mahasiswa harus membangkitkan semangat dan pemahaman pada diri sendiri terlebih dahulu bahwa wirausaha adalah suatu hal yang penting untuk dapat memajukan sebuah negara, sehingga jika idealisme tersebut sudah tertanam, kita lebih termotivasi untuk berbuat sesuatu untuk memajukan wirausaha dimulai dari diri sendiri atau menyebarkan idealisme kepada suatu masyarakat.


Tidak sedikit pengertian mengenai kewirausahaan yang saat ini muncul seiring dengan perkembangan ekonomi dengan semakin meluasnya bidang dan garapan. Menurut Dun Steinhoff dan John F.Burgess wirausaha merupakan orang yang mengorganisasi, mengelola, dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha.

Para wirausaha merupakan orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses.

Banyak orang menyukai makanan, baik bakso, segala jenis mie, segala macam nasi dan berbagai jenis kue. Di antara makanan tersebut kami berinisiatif untuk membuat kue donat, karena kami menyukai donat yang berbagai bentuk. Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah yang menjadi penyebab terjadinya proses pemasaran donut ?
2.      Dimana proses pembuatan dan pemasaran donut ?
3.      Bagaimana cara/teknik dalam membuat donut?
4.      Kapan proses pembuatan dan pemasaran donut  dilaksanakan ?
5.      Siapa saja target untuk pemasaran donut ?
6.      Berapa jumlah keseluruh anggaran dalam pembuatan donut?
7.      Kenapa terjadi pemasaran donut ?




BAB IIl
KONSEP DAN HIPOTESIS

KONSEP
Sebelum melakukan rekayasa ide saya dan kelompok saya sangat mempertimbangkan untuk membuat konsep donut ini, saling berdiskusi dan bertukar pola pikiran hingga akhirnya munculnya ide membuat donut. Menurut saya, donut adalah salah satu makanan yang disukai oleh semua kalangan. Karena saya dan kelompok masih berstatus mahasiswa jadi kami membuat konsep donut yang murah dan terjangkau untuk mahasiswa.
Sebelum pemasaran donut terlebih dahulu kami melakukakan percobaan agar nantinya setelah pemasaran hambatan dan rintangannya kami ketahui dan mengurangi resiko gagal. Ketika melakukan percobaan pertama kali ternyata berhasi walaupun banyak rintangan yang dihadapi baik itu rintangan dari dalam diri( malas dan tidak menyukai hal-hal yang bersangkut paut dengan memasak ) sendiri maupun dari luar ( belanja panas-panasan kepasar). Dan akhirnya percobaan donut yang kami lakukan berhasil. Setelah berhasil langsung besoknya pemasaran yaitu pada tanggal jum’at 26 mei 2017.

HIPOTESIS
Bagi mahasiswa juga sering tidak sarapan pagi karena terburu-buru atau malas memasak, jadi donat dapat mengenyangkan dan menyehatkan bagi tubuh karena donat yang kami buat tidak menggunakan bahan pengawet serta kandungan kentang banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi donat yang kami buat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan bagi yang sedang menjalani program diet.
Menurut Saya pemasaran donut tidaklah mudah, karena ketika pemasaran makanan yang paling utama itu target yang ingin dijualkan, pembeli harus mengenal penjualnya. Jika pembeli tidak mengenal penjualnya si pembeli merasakan ragu-ragu untuk membelinya.

KONSEP DAN HIPOTESIS TENTANG KEWIRAUSAHAAN

KEWIRAUSAHAAN

POLA TANGGAPAN

·         Karakteristik perorangan
·         Karakteristik kelompok sosial

POLA PELUANG

·         Kebutuhan ekonomi
·         Kemajuan tekhnologi

PERILAKU WIRAUSAHA

            KINERJA USAHA

·         Mendirikan
·         Mengelola
·         Mengembangkan
·         Membudayakan
·         melembagakan

·         Tepat guna
·         Efesiensi usaha
·         Mutu unggul
·         Pembaruan
·         Konsumen puas
 



















BAB IV

TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Dalam mengetahui donut saya melakukan tekhnik :
1. Metode Observasi
Metode observasi ini merupakan metode pengumpulan data yang menggunakan pengamatan terhadap obyek penelitian. Observasi dapat dilakukan secara langsung maupun secara tidak langsung. Dalam hal ini penulis menggunakan observasi langsung dan mengamati secara langsung ke tempat lokasi tempat kejadian/sumber. Saya melakukan metode ini karena saya ikut langsung dalam pemasaran, pengolahan, pembuatan donut. Dimana sebelumnya saya dan kelompok saya melakukan rekayasa ide dan selanjutnya terjun kelapangan.
2. Metode wawancara
Wawancara informasi merupakan salah satu metode pengumpulan data untuk memperoleh data dan informasi dari pelanggan/pembeli  secara lisan. Proses wawancara dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung dengan pelanggan. Selama proses wawancara penjual mengajukan pertanyaan, meminta penjelasan dan jawaban dari pertanyaan yang diberikan dan membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan kepadanya. Keunggulan metode ini adalah diperoleh informasi dalam suasana komunikasi secara langsung, yang memungkinkan pembeli selain memberikan data factual seperti yang ditulis dalan angket,juga mengungkapkan spikiran, harapan, dan perasaan. mengungkapkan sikap,pikiran, harapan,
             
Testimoni di Instagram mengenai pemaran :
 


BAB V
ANALISIS DATA
            Jaringan kerja merupakan persyaratan penting bagi seorang wirausaha untuk memulai segala sesuatunya dalam menjalankan usaha. Sekecil apapun jaringan kerja yang kita miliki sekarang, mulailah membangunnya serta merawatnya dan memeliharanya.
            Untuk membangun jaringan yang luas dan kuat diperlukan teman, maka seorang wirausaha banyak memiliki teman sebanyak-banyaknya. Pada harga dan kualitas yang sama orang membeli dari temannya, pada harga yang sedikit mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membangun mengembangkan usaha, memberi nasehat, dan membantu menolong pada masa sulit.
            Kerja sama merupakan suatu alat dimana keuntungan wirausaha dapat ditingkatkan dengan menolong dirinya sendiri melalui pertolongan yang sama dengan moto kerja sama masing-masing. Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan masing-masing pihak.
a.       Peluang keterwujudan berdasarkan analisis SWOT yaitu :

1.      Kekuatan  (Strengths)
Kami  memiliki hobi membuat makanan khususnya donat ini. Sehingga dapat memudahkan kami dalam membuat produk.

2.              Kelemahan (Weakneses)
Dalam hal ini kelemahan dalam membuat produk donat ini adalah cara mencetaknya menjadi bentuk yang sempurna, karena dibutuhkan kejelian dan keahlian dalam proses mencetak.

3.              Kesempatan (Opportunities)
Banyaknya mahasiswa yang tidak sarapan pagi dan bisa digantikan dengan  berbet donuts karena didalam komposisi utamanya sudah mengandung karbohidrat yang berasal dari tepung terigu dan kentang yang dapat menggantikan nasi dan mengenyangkan. Harga yang kami tawarkan juga terjangkau dan keunikan bentuk dan warna barbet donuts dapat menarik pelanggan untuk membelinya.

4.              Ancaman (Threath)
Kami mengalami kendala disaat bahan baku seperti kentang dan minyak goreng melonjak naik sehingga  pendapatan yang kami dapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran.

b.      Nilai-nilai inovasi
Produk kami berbeda dari produk donat lainnya karena kami menggunakan bentuk yang unik yaitu berbentuk huruf ataupun angka dengan warna yang menarik.
c.       Perkiraan dampak
Dampak yang mungkin terjadi saat kami memasarkan produk adalah karena banyaknya penjual donat yang ada dikalangan mahasiswa dan masyarakat, begitu juga dengan produk yang berasal dari toko kue ternama yang lebih banyak peminatnya serta tempat yang sangat strategis.










BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
            Setelah diteliti dan dipasarkan ternyata donut sangatlah baik untuk menambah energi didalam tubuh manusia dan praktis dibawa dan cocok dimakan dalam musin apapun. Usaha donut cocok bisa dilakukan oleh mahasiswa yang ingin berwira usaha.
            Dengan demikian, bahwa kewirausahaan merupakan semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri/orang lain atau pelayanan yang baik untuk pelanggan dengan selalu berusaha mencari dan melayani langganan lebih banyak dan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efesien, melalui keberanian mengambil risiko, kreatifitas dan inovasi, serta kemampuan managemen.

SARAN
            Setelah diriset, tenyata sebelum melakukan usaha perlu dibuat riset dan susunan usaha secara mendalam agar usaha berjalan dengan lancar. Selalu melakukan inovasi-inovasi baru dalam usaha agar dapat manarik perhatian masyarakat atau berkembang dan dapat bersaing dengan usaha yang lainnya. Dan jangan lupa ssebuah planing sebelum melakukan usaha sangatlah perlu agar tau bagaimana kondisi yang akan dihadapi setelah melakukan usaha. 
            Semua usaha haruslah dilakukan dengan serius jangan setengah-setengah. Meskipun banyak rintangan dan hambatan yang dihadapi dalam berwirausaha harus tetap semangat dan ditekuni agar mendapatkan hasil yang maksimal.


BAB VI
PUSTAKA

Suryana,  yuyus, kewirausahaan pendekatan karakteristiik wirausahawan sukses, ( edisi kedua : PT kartib bayu ), 2011

Lampiran :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Air Terjun Simatutung, Sumatera Utara

 Traveling Air Terjun Simatutung  Air Terjun Simatutung ini beralamat di batu mundom, kecamatan muara batang gadis, kabupaten mandailing nat...